Minggu, 14 April 2013

5 Pembalap Tersukses MotoGp

            Perjalanan karier Valentino Rossi sebagai pebalap di MotoGP memang tak perlu diragukan lagi. Meskipun tak sesukses dulu ketika masih di Yamaha, namun nyatanya Rossi tetap diperhitungkan dalam perebutan titel juara. Keputusan Rossi untuk hengkang dari Ducati dan kembali ke Yamaha memang terus mengundang pro dan kontra. Adapun kontra datang dari pesaingnya, Casey Stoner.

            Kritikan bernada sinis dilontarkan oleh Stoner. Maklum saja, pasalnya Stoner justru pernah menjadi juara dunia dengan menunggangi Ducati, kendaraan yang dianggap gagal membawa Rossi sebagai juara itu. Meskipun begitu, nama Valentino Rossi rupanya masih tetap di atas Stoner meski kini bersama Ducati ia hanya mampu menempati urutan ke-8 dengan belum pernah menjadi juara di seri manapun. Namun bersama Yamaha Rossi justru sudah empat kali menjadi juara dunia. Raihannya tersebut pun membuat Rossi dinobatkan sebagai pebalap MotoGP tersukses.

           Sementara itu, Stoner harus puas berada di bawah Rossi dengan berada di peringkat dua sebagai pebalap MotoGP tersukses. Lalu, bagaimana dengan Lorenzo dan Dani Pedrosa? Jorge Lorenzo masih boleh berbangga hati karena ia mampu menempati urutan ketiga. Sayang hal serupa tak dapat dirasakan Pedrosa. Dani Pedrosa justru tak masuk ke dalam 10 besar pebalap tersukses. Berikut ini daftar peringkat 10 besar Pebalap MotoGP tersukses:

1. Valentino Rossi
Juara: 2008-2009 (Yamaha), 2002-2005 (Yamaha)
Rossi menjadi ikon MotoGP Italia sejak mengawali karir di kejuaraan Grand Prix pada 1996 di kelas 125cc dengan motor Aprilia. Torehan 11 kali juara dunia membuatnya tercatat sebagai pembalap MotoGP/500cc pertama yang mampu memenangi 79 seri Grand Prix.

2. Casey Stoner
Juara: 2011 (Honda RC212V), 2007 (Ducati GP7)
Pembalap berkebangsaan Australia ini mulai ikut MotoGP pada tahun 2006 bersama tim Honda. Sepanjang karirnya di dunia balapan, Stoner yang saat ini berada di peringkat tiga telah mampu memenangi 37 kejuaraan Grand Prix.

3. Jorge Lorenzo
Juara: 2010 (Yamaha)
Lorenzo yang berkebangsaan Spanyol ini sudah menjuarai Grand Prix sebanyak 22 kali dan 5 kali memenangi Grand Prix. Saat ini ia masih kokoh berada di puncak klasemen.

4. Nicky Hayden
Juara: 2006 (Honda)
Pebalap yang bernama lengkap Nicholas "Nicky" Patrick Hayden memulai debutnya pada tahun 2003. Saat itu ia langsung mampu berada di urutan ke-7. Hingga kini, ia telah satu kali menjadi juara dunia dengan tiga kemenangan pada seri Grand Prix.

5. Kenny Roberts, Jr
Juara: 2000 (Suzuki), 1978-1980 (Yamaha)
Pria kelahiran 31 Desember 1951 ini menjadi orang Amerika pertama yang mampu menjadi juara dunia, yaitu pada tahun 1978 silam. Total ia sudah tiga kali menjadi juara dunia dan 22 kali juara Grand Prix, ditambah dua kali juara Grand Prix untuk kelas 250cc, sehingga tercatat 24 kali juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar